Hd_Sti@-one: Sekjen NATO Khawatir Penayangan Film Belanda

Senin, 31 Maret 2008

Sekjen NATO Khawatir Penayangan Film Belanda

Ini saya ambil dari Tribun-timur.com
Amsterdam, Tribun - Sekretaris Jenderal NATO, Senin (3/3), mengatakan, dia khawatir penayangan film asal Belanda yang menghujat Islam akan membahayakan tugas NATO di Afganistan.
Komentar Jaap de Hoop Scheffer ini muncul setelah warga Afghanistan, Minggu (2/3), melakukan protes terhadap film yang dibuat oleh anggota parlemen sayap kanan Belanda Geert Wilders



Pemerintah Belanda telah memperingatkan Wilders bahwa film tersebut akan merusak kepentingan politik dan ekonomi Belanda. Wilders mengatakan film tersebut mengenai Al Quran yang disebutnya sbegaai fitnah.
Dia menyerukan agar Al Quran dinyatakan terlarang dan mempersamakan kitab suci ini dengan buku Mein Kampf karangan Adolf Hitler. Proyek itu sudah mendapatkan kecaman dari beberapa negara Islam termasuk Iran dan Pakistan.
Sekjen NATO mengatakan dia khawatir mengenai pasukan mereka di Afganistan, setelah adanya protes terhadap film tersebut di sana.
"Bila tentara ini menjadi sasaran kemarahan karena film tersebut, tentu saja saya khawatir, dan itulah mengapa saya menyampaikan keprihatinan ini," katanya dalam wawancara televisi, kemarin, seperti dilansir BBC.
Hari Minggu (2/3), ratusan warga Afgan turun ke jalan-jalan di Kota Mazar-i-Sharif guna memprotes film tersebut. Pengunjuk rasa membakar bendera Belanda, dan menyerukan penarikan pasukan Belanda dari NATO.
Pengunjuk rasa mengatakan, mereka akan meningkatkan protes kecuali pemerintah Afganistan mengusir tentara Belanda tersebut.